Globalisasi

Pengertian Globalisasi
A. Pengertian menurut istilah
Kata “globalisasi” diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal. Globalisasi belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekedar definisi kerja (working definition), istilah globalisasi berasal dari bahasa Inggris disebut globe yang berarti dunia atau bola dunia.

B. Pengertian secara umum
 Globalisasi adalah suatu proses mendunia, di mana semua peristiwa dari ekonomi, politik, budaya yang terjadi di belahan dunia telah mempengaruhi masyarakat di seluruh dunia dan proses di mana hubungan sosial dan saling ketergantungan antarmanusia di dunia ini semakin.
 Globalisasi adalah perubahan di segala bidang yang mempunyai dampak baik di Indonesia maupun Internasional.
 Globalisasi merupakan suatu proses pengintegrasian manusia dengan segala macam aspek kehidupan ke dalam satu kesatuan masyarakat yang utuh dan yang lebih besar dalam kehidupan internasional.
C. Pengertian menurut beberapa pendapat
1. Martin Albrown
Gobalisasi adalah seluruh proses di mana penduduk dunia terhubung ke dalam komunitas dunia yang tunggal.
2. M. Waters
Globalisasi adalah sebuah proses sosial di mana halangan-halangan bersifat geografis pada tatanan sosial dan budaya semakin menyusut dan setiap orang kian sadar bahwa mereka semakin dekat satu sama lain.
3. Emmanuel Richter
Jaringan kerja globalisasi yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang sebelumnya terpencar-pencar dan terisolasi dalam planet ini ke dalam ketergantungan dan peraturan dunia.
4. A. G. Mc Grew
Globalisasi adalah proses di mana berbagai peristiwa, keputusan dan kegiatan di belahan dunia yang satu dapat membawa konsekuensi penting bagi berbagai individu dan masyarakat di belahan dunia yang lain.
5. R. Robertson
Globalisasi adalah proses mengecilnya dunia dan meningkatnya kesadaran akan dunia sebagai satu kesatuan, ke saling ketergantungan dan kesadaran global akan dunia yang menyatu di abad ke-21.
6. Wikipedia Encyclopedia Indonesia
Globalisasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan perubahan-perubahan dalam masyarakat (changes) dalam perekonomian dunia yang dihasilkan oleh meningkat pesatnya perdagangan dan pertukaran kebudayaan.
7. Bank Dunia
Globalisasi berarti kebebasan dan kemampuan individu dan perusahaan untuk memprakarsai transaksi ekonomi dengan orang-orang negara lain.
8. Dana Moneter Internasional (IMF)
Globalisasi berarti meningkatnya ke saling tergantungan ekonomi antar negara-negara di dunia yang ditandai oleh meningkatnya beragamnya volume transaksi barang dan jasa lintas negara dan penyebaran teknologi yang meluas dan cepat.

Faktor-faktor penggerak Globalisasi
1. Teknologi komunikasi dan informasi
Arus globalisasi semakin cepat bersamaan dengan berkembangnya teknologi komunikasi kini teknologi komunikasi semakin canggih. Orang bisa berkomunikasi dengan mudah dan cepat. Semakin berkembangnya komunikasi melalui satelit serta internet telah mempercepat arus globalisasi ini.
Cara berkomunikasi pada era globalisasi inipun mengalami perubahan. Hal ini ditunjang oleh berkembangnya teknologi komunikasi yang semakin canggih. Teknologi telepon seluler (ponsel) serta berkembangnya komunikasi melalui teleconfrence merupakan kemajuan yang berarti. Juga semakin berkembangnya teknologi internet memungkinkan orang dapat melakukan komunikasi melalui internet.

2. Teknologi Transportasi
Untuk menempuh jarak yang jauh sekalipun bukan masalah bagi masyarakat sekarang. Berbagai sarana angkutan sudah tersedia dari yang sederhana hingga canggih. Dengan arus globalisasi ini, pergerakan orang dan barang semakin cepat dan mudah. Teknologi transportasi yang berkembang dengan pesat memberikan pelayanan transportasi dengan baik. Perpindahan orang dan barang dilakukan dengan alat angkutan yang modern. Pesawat udara memungkinkan melakukan perjalanan jarak jauh dengan waktu tempuh yang singkat.

Tanda-tanda Globalisasi
Globalisasi dapat ditunjukkan dengan adanya beberapa tanda. Secara umum tanda-tanda globalisasi adalah sebagai berikut :
a. Meningkatnya aliran data lintas batas
b. Meningkatnya perdagangan global
c. Adanya desakan dari berbagai pihak untuk menyerukan keadilan Internasional
d. Meningkatnya pertukaran budaya
e. Menyebarluasnya paham multikulturalisme dan akses individu terhadap berbagai macam budaya besar
f. Meningkatnya turisme lintas negara
g. Meningatnya imigrasi
h. Berkembangnya infrastuktur telekomunikasi global
i. Berkembangnya sistem keuangan global
j. Meningkatnya aktivitas perekonomian dunia
k. Meningkatnya peran organisasi-organisasi Internasional

Globalisasi di Indonesia
Globalisasi di Indonesia saat ini sifat dan bentuknya lebih komplek daripada globalisasi tempo dulu oleh karena itu globalisasi bagi Indonesia merupakan suatu tantangan dan suatu kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu bermain dan mengambil bagian dalam kancah globalisasi dunia.
Indonesia tetap harus mengikuti hukum globalisasi, dimana suatu peristiwa yang terjadi di Indonesia akan memberikan pengaruh pada dunia Internasional, sebaliknya peristiwa yang terjadi di dunia Internasional akan memberikan dampak pada Indonesia.
Globalisasi di Indonesia terjadi sedikit banyak karena pengaruh dari barat (dunia Internasional) yang akhirnya juga membawa dampak terhadap perkembangan pola berpikir masyarakat Indonesia yang juga ikut mempengaruhi.
Pro dan kontra, karena disatu sisi tidak semua lapisan masyarakat mampu mengikuti perubahan yang terjadi dan tingkat kesiapan SDM bangsa Indonesia. Kemudian dengan adanya globalisasi budaya yang ada menyebabkan pergeseran nilai-nilai dan esensi budaya / tradisi bangsa Indonesia. Globalisasi juga akan menyebabkan bangsa Indonesia menjadi lebih konsumtif dan timbul kesenjangan sosial.

4 Tanggapan

  1. MKsiih:>
    blog ni sngat mmBantu

  2. makasi .. berguna bgt ^.^

  3. thaxs ngbantu bgt bwt tugas aq kak!!!!!

    jempol deh.. (^_^)_V

  4. thanks bantu banget buat tugas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: