Penulisan daftar Pustaka

Daftar pustaka, yaitu daftar rujukan yang harus dicantumkan di semua kutipan dalam karya ilmiah yang digunakan sebagai acuan (referensi), baik dari buku, makalah maupun artikel di majalah atau surat kabar. Daftar pustaka terletak dibagian akhir karya ilmiah setelah bagian penutup. Penulisan daftar pustaka ini sekaligus sebagai bentuk pertanggungjawaban ilmiah penulis terhadap orang lain yang pernyataan atau pendapatnya dikutip atau digunakan sebagai acuan.

Aturan penulisan daftar pustaka :

  1. Urutan penulisan daftar pustaka adalah nama penulis buku, tahun terbit, judul buku, tempat terbit, dan nama penerbit. Dalam penulisannya, setiap unsur diakhiri dengan tanda titik, kecuali antara tempat terbit dan nama penerbitnya digunakan tanda titik dua ( : ).
  2. Jika penulis buku hanya satu orang dan namanya terdiri atas dua unsur  kata atau lebih, penulisan nama harus dibalik. Unsur nama yang belakang diletakkan dibagian awal.
  3. Jika penulis buku terdiri atas dua orang dan setiap orang terdiri atas dua unsur kata atau lebih, unsur nama yang dibalik adalah nama penulis yang pertama. Nama penulis kedua tetap ditulis seperti aslinya.
  4. Judul buku dicetak miring atau digaris bawah jika diketik dengan mesin ketik.
  5. Penulisan seluruh isi daftar pustaka disusun secara urut berdasarkan abjad.
  6. Setiap pustaka tidak diberi nomor urut seperti 1, 2, 3 dan seterusnya dan huruf urut seperti a, b, c dan seterusnya.
  7. Gelar kesarjanaan tidak perlu ditulis tetapi gelar kebangsawanan tetap ditulis.
  8. Jika nama penulisnya tidak ada atau tidak dicantumkan, maka yang ditulis adalah lembaga penerbitnya.
  9. Jika buku itu disusun oleh seorang editor, maka nama peyusunnya dituliskan kata editor dibelakangnya dalam tanda kurung. Contoh : Mulyono,Anton (editor).
  10. Apabila sumbernya berasal dari majalah atau surat kabar, maka penulisannya sebagai berikut: Mulyono,Anton.”Perkembangan Bahasa Arab”.dalam.kompas(di beri garis bawah).4 Mei 2001.Jakarta.  Apabila sumbernya berasal dari internet, maka yang perlu ditulis seperti berikut :           http://www.rizaljenius.wordpress.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: