Contoh meresensi buku

IDENTITAS BUKU

  • JENIS BUKU : FIKSI
  • JUDUL BUKU : JENDELA-JENDELA
  • NAMA PENGARANG : FIRA BASUKI
  • NAMA KOTA DAN PENERBIT : JAKARTA, PT. GRASINDO
  • TAHUN TERBIT : 2001
  • JUMLAH HALAMAN : 154

Kelebihan :

Buku ini memiliki kelebihan yang sangat menarik karena buku ini dapat membawa sang pembaca seakan-akan mengalami kejadian yang sama dengan buku ini dan buku ini mengandung makna yang sangat bagus karena orang yang tinggal di Negara maju itu tidak selamanya tidak mengalami kesulitan, pasti mengalami kesulitan dan setia orang itu harus mengerti satu sama lainnya dan harus saling mendukung oleh karena itu banyak makna yang terkandung dalam buku ini.

Kekurangan :

Buku ini seharusnya belum tuntas untuk ceritanya karena hanya berakhir surat yang tidak tahu siapa pengirimnya jadi sang pembaca akan penasaran siapa yang membuat surat itu, dan di akhir cerita itu tidak disebutkan akhir yang meyakinkan bahwa pasangan suami istri yang bener-benar sudah baikan.

Rangkuman

Kisah pasangan suami istri muda yang Latarnya bergerak di Indonesia, Singapura, dan Amerika Serikat ini memberi gambaran yang menarik : bahwa bayangan kita mengenai kehidupan di Negara-negara maju dan kaya tidak selamanya benar. Bahwa dimana pun ada saja orang yang mengalami kesulitan hidup namun tetap berusaha utntuk mengatasinya. Bahwa hubungan antarmanusia sama sekali tidak sederhana. Itu semua diungkapkan terutama dalam latar tempat yang jelas dan jalinan dialog yang lancar.

Pendapat

Pengarang jendela-jendela ini sama sekali tidak berpura-pura untuk melakukan pembaruan stilistik dan tematik, tetapi cenderung untuk tunduk kepada konvensi penulisan cerita rekaan. Bagi khalayak pembaca yang cita rasanya berbeda-beda, apa yang dilakukan Fira Basuki ini sah saja malah mungkin dengan cara itu ia bisa lebih jelas berbicara perihal masalah keluarga yang ingin dibaginya kepada pembaca.

5 Tanggapan

  1. bagus singkat padat jelas
    pantutu di contoh hehehhehe

  2. oke kk.. dgn ini tugas saya dh selese.. tq kk

  3. bagus :)

  4. keren ,,, bagus lakh ,, tugas selesai ,,,,

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: